Rabu, 11 September 2019

Menurunkan arus lampu led BL biar awet


Kita semua pasti sudah maklum, bahwa kelemahan pesawat  yang menggunakan lampu led BL (Back Light)  adalah kerusakan lampu led.

Dan yang bikin bête bagi para teknisi adalah jika ketemu belum lama lampu led diganti, tidak berapa lama atau masih dalam masa garansi lampu BL mati lagi.

Mengganti lampu led bukanlah perkara yang mudah, tapi juga mengundang resiko panel retak. Apalagi kalau pesawat dengan ukuran layar besar diatas 40 inch.
Untuk menghindari masalah tersebut diatas maka teknisi umumnya mencari cara2 modifikasi agar lampu led BL bisa menjadi lebih awet.

Sebelumnya maka perlu kita pahami beberapa hal.

·       Lampu led yang ada dipasaran umumnya mempunyai tegangan kerja maksimum sekitar 3.5v dan 7v dengan kemampuan arus sekitar 100-300mA.

·       Lampu led umumnya dipasang secara seri, atau gabungan seri-paralel.

·       Untuk menyalakan lampu led dipakai sebuah sirikit BL Inverter yang  mempunyai 2 macam fungsi, yaitu (1)  Membangkitkan tegangan tinggi atau Dc-Dc Step Up, dan (2) Current Control untuk mengatur besarnya arus atau terang gelapnya lampu led..

·       Umumnya yag kita pahami adalah untuk mengatur terang-gelapnya lampu adalah dengan mengatur besarnya teganagan lampu, disini “arus akan mengikuti tegangan”.

·       BL Inverter berbeda cara kerjanya, karena menganut prinisp “Constant Current Control”. Artinya disini terang-gelap diatur oleh sirkit yang mengatur besarnya “arus led”. Disini “besarnya tegangan akan mengikuti besarnya arus”. Maka jangan heran jika menjumpai tegangan BL Inverter jauh lebih tinggi jika tidak ada beban, dibanding jika sudah ada beban.

·       Sirkit BL Inverter umumnya diperlengkapi dengan sistim “protek”, yaitu (1) Over Voltage Protector, dan (2) Over Current Protector.

·       Jika tidak ada beban. Biasanya karena tegangan Dc-Dc Step Up tinggi, maka BL Inverter akan hidup sebentar terus mati protek Over Voltage.

·       Kerusakan lampu led ada 2 macam, yaitu (1) Lampu putus, dan  (2) Lampu short.

·       Jika lampu led ada yg putus, maka otomatis semua lampu BL serial akan padam, dan Inverter mati protek.

·       Kalau lampu led ada yang short, maka lampu BL biasanya tetap nyala terus tidak protek. Dan kadang kemudian disusul lampu lainnya yang rusak. Tapi pada model2 tertentu Inverter akan mati protek, tapi kalau lampu dicek dari luar, semuanya masih hidup.

 

Cara mengurangi arus led biar lampu bisa lebih awet.
Ada beberapa cara, dan semua tergantung dari sirkit BL Inverter yang dipakai.

Secara umum arsu led dapat diturunkan dengan mengatur besarnya nyala BL lewat kontrol MENU. Tetapi ini beresiko, karena pemakai kemungkinan bisa merubahnya kembali.

  • Lampu BL dikontrol oleh motherboard lewat kontrol tegangan pin-PWM Dim. Menurunkan tegangan pin-PWM_Dim dapat dilakukan dengan memasang tambahan sebuah R pada pin-PWM_DIM secara coba2 nilainya agar tegangan bisa turun. Tapi cara ini sangat jarang kami lakukan, karena agak ribet.
  • Sirkit BL Inverter tipe-1 (lihat gambar).                                                                                             Sirkit mengunakan 2 buah FET.  FET-1 berfungsi sebagai Dc-Dc Step Up. Dan FET-2 berfungsi sebagai kontrol arus led. Untuk mengurangi arus led maka umumnya dilakukan dengan memperbesar nilai R pada FET-2 seperti pada gambar, yaitu FET yang disambung ke konektor (-) lampu led. Pada merk2 tertentu R ini terdiri dari gabungan 3 atau 4 buah R yang diparalel yang nilainya kecil beberapa ohm saja. Untuk menurunkan arus lampu led cukup dengan melepas satu atau dua buah R parallel.

 
  • Sirkit BL Inverter tipe-2 (lihat gambar).                                                                                             Sirkit hanya menggunakan sebuah FET. Untuk menurunkan arus led, maka dilakukan dengan memperbesar nilai R yang terhubung dengan konektor (-) lampu led.                      Awas…...........jangan keliru merubah nilai R pada FET. Karena FET disini berfungsi sebagai Dc-Dc Step Up, bukan sebagi pengatur arus led.

 
  •  Sirkit BL Inverter tipe-3 (lihat gambar).                                                                                                 Sirkit hanya menggunakan sebuah FET. Tapi bedanya dengan tipe-2 disini tidak diketemukan R yang seri dengan lampu led. Untuk menurunkan arus led perlu dicari “data sheet” ic Inverter yang digunakan. Dengan memperbedar nilai R yang ada pada kaki pin-I Set, maka arus led akan turun.

 
 

Bagaimana memastikan arus led sudah turun dan aman.
Pengalaman lampu led yang sering dijumpai rusak karena pengaturan lampu BL pada posisi maksimum ( 100%), atau mode gambar pada posisi “DINAMIK”. Disini kalau kita ukur tegangan pada salah satu lampu led-nya pasti sekitar 3.3-3.5v atau 6.4-7v. untuk amannya biasanya lampu led setelah modifikasi kami atur agar tegangan pada lampu led hanya sekitar 3 atau 6v saja. Bisa juga di kecilkan lagi, tapi biasanya BL menjadi redup.

Ini semua kita lakukan sebelum memasang kembali panel kaca. Kecuali untuk Sony, sebab tanpa panel kaca dipasang Inverter akan mati protek.

Untuk Sony maka ukur saja tegangan pada konektor lampu led. Misalnya lampu menggunakan 10 bh yang diseri. Maka tegangan pada konektor lampu BL yang amana adalah 10 x 3 = 30v.

 
Mengganti lampu led.
Paling aman adalah mengganti lampu satu set keseluruhannya.
Mengganti hanya lampu yang mati atau sistim cangkok kami lakukan jika hanya beberapa buah lampu saja yang mati. Mengganti dengan cara ini mungkin saja  lampu lainya yang masih hidup ada yang sudah mengalamai “degradasi kualitas”.

Maka setelah lampu nyala semua lakukan pemeriksaan seperti berikut :

·       Cek tegangan pada salah satu lampu pengganti dan bandingkan dengan lampu asli dengan Digital AVO……Harus sama. Jika tidak sama berarti lampu pengganti tidak cocok.

·        Cek tegangan masing2 lampu. Jika ada salah satu lampu tegangan berbeda, maka ganti juga lampu tersebut.

·       Atau raba satu2 semua lampu. Kalau ada yang terasa panas berlebih dibanding dengan lainnya, ganti juga lampu tersebut.

·       Atau amati nyala terangnya semua lampu. Mungkin ada yang redup dibanding lampu lainnya. Maka ganti juga lampu tersebut.
 
 
 
************************