Jumat, 15 Desember 2017

Berapakah besar nilai tegangan2 modul Tcon



Modul T-con mendapat tegangan suply  input (Vin) umumnya 5v (untuk panel kecil 24inch kebawah) atau 12v. Pada jalur input umumnya dipasang sebuah FUSE smd yang nilainya sekitar 3-4A.

Tegangan ini kemudian  akan dikonversikan menjadi macam2 tegangan, antara lain ;
  •  AVDD istilah lain yang kadang digunakan VAA, VDA, VS Besarnya sekitar  15-17v 2A untuk mensuply sirkit bagian analog seperti ic Gamma dan sirkit Scan-driver. Avdd juga untuk mensuply sirkit pembangkit VGH.
  • VGH istilah lain yang kadang dipergunakan  VON, VGON. Besarnya sekitar 25-30v 100mA tergantung design panel.  Digunakan untuk sirkit pembangkit pulsa2 Gate-driver yang dibutuhkan agar elemen pixel gambar menyala (agar switch-on)
  • VGL istilah lain yang kadang dipergunakan VOFF, VGOFF, VEEG. Besarnya  sekitar (minus) 5 -15v 100mA tergantung dari design panel. Digunakan untuk sirkit pembangkit pulsa2 Gate-driver yang dibutuhkan agar elemen pixel gambar padam (agar switch-off)
  • VDD istilah lain yang kadang dipergunakan  VLOGIC, VDA, VDDA. Besarnya 3.3v 2A untuk bagian sirkit digital pada modul Tcon maupun Panel kaca dan Kupingan. Dari tegangan ini juga di pergunakan untuk menghasilkan tegangan 1.8v/1.2v.
  • VCOM besarnya sekitar 6-7v untuk bias Kaca panel.
  • GAMMA. Adalah merupakan set macam2 tegangan yang mulai dari terkecil mendekati nol sampai besar mendekati tegangan AVDD. Untuk diumpankan ke Source-driver.
  • HAVdd (Half AVdd) yaitu tegangan setengah AVdd. Tidak semua Tcon menggunakan tegangan ini. Umumnya disuply ke ic Source-driver.



Gbr.1 Blok multi-powersuply dan panel-driver

Kamus persamaan istilah :
·         Gate driver = Scan driver = Row driver.
·         Source drive = Column driver = Data driver.
·         Open-cell = panel kaca
·         V logic = Vdd
·         VAA = VS = AVdd
·         Tcon dc-dc = multi-power suply


Tegangan AVdd, VGH, VGL, Vdd, Vcom umumnya dibangkitkan menggunakan sebuah ic yang dinamakan ic Multi-psu (atau Dc-Ddc Converter). Sedangankan tegangan Gamma dibangkitkan oleh sirkit ic Gamma.

Gbr.2 Contoh sirkit multi-psu ic TPS65160



Gbr.3 Contoh sirkit multi-psu dengan teg Vcom


Multi-psu umumnya diperlengkapi dengan sirkit protek. Jika beban output Avdd, Von, dan Voff arusnya over atau jalur ada yang short ke ground maka multi-psu akan protek, tegangan2 AVdd, Vgh, Vgl akan menghilang  kecuali tegangan Vdd 3.3v akan tetap hadir.

Bagaimana cara mengetahui jika multi-psu mati protek ?
  • Ukur secara gantian tegangan Avdd, Von atau Voff dengan avo-meter
  • Amati avo-meter.
  • Baru hidupkan teve Lcd dan tunggu.
  • Jika jarum avo sempat goyang mau naik terus kemudian hilang kembali ke nol. Maka hal ini menunjukkan bahwa multi-psu mati protek. Artinya ic multipowersuply tidak bermasalah. Masalah ada dibagian salah satu outputnya.
  • Tapi jika semuanya tidak ada sama yang sempat bergoyang naik, hanya nol terus. Makah hal ini menunjukkan bahwa ic multi-psu belum bekerja atau rusak.



****************************