Minggu, 17 Desember 2017

Tidak ada tegangan2 pada modul T.con

Diperiksa :
  • Tcon multi-psu tidak ada tegangan Vgh ,Vgl
  • Tegangan AVdd terukur sama dengan tegangan Vin Tcon, ini menunjukkan sirkit Boost up Avdd tidak kerja. 
  • Tegangan Vin ke Tcon normal.
  • Tegangan Vdd 3.3v masih tetap ada.

Jangan tergesa-gesa mem-vonis langsung ic-multi-psu  rusak !!!
IC multi-psu umumnya diperlengkapi dengan sirkit over-current protektor. Jika salah satu tegangan output Vgh, Vgl atau Avdd beban over atau short. Maka multi-psu akan mati protek, sehingga tegangan2 Vgh, Vgl, Avdd akan hilang semuanya.

Penyebab beban output aver atau short.

  • Ada kapasitor filter smd yang bocor atau short.
  • Paham beban masing2 jalur output dipakai untuk suply ke bagian apa saja. Misal tegangan Avdd antara lain untuk suply Vcc ic gamma. Maka jika ic gamma rusak short, dapat menyebabkan multi-psu protek.


Bagaimana cara memastikan bahwa ic multi-psu mati protek.

Cara.1
  • Pastikan tegangan Vin sudah masuk.
  • Pasang Avo-meter untuk ukur Test point tegangan Vgh misalnya.
  • Amati jarum Avo-meter dengan seksama
  • Baru hidupkan pesawat sambil tetap mengamati avo-meter.
  • Jika jarum meter sempat goyang dikit.......ini menunjukkan power suply sempat hidup terus mati protek.
  • Cek juga yang lain. Jika ada yang tidak goyang sama sekali, maka ini menunjukkan bagian itu yang short.
  • Tapi jika semuanya tidak ada tegangan yang goyang sedikitpun. maka ada kemungkinan ic Multi-psu yang rusak.

Cara.2  Cek nilai resistansi dengan ground menggunakan ohm meter (pakai yang digital) antara masing2 Test point dengan ground.
  • Cari sirkit modul t.con yang normal.
  • Dari modul t.con yang normal ini, buat dan simpan data2 besarnya resistansi "berapa ohm" nilai resistansi antara test-point AVdd, Vgh, Vgl masing2 terhadap ground,  menggunakan digital multimeter (jangan gunakan avo analog biasa).
  • Pada sirkit yang diperiksa (yang rusak) – Ukur masing2 resistansi test-poit AVdd, Vgh dan Vgl masing2 terhadap ground. Bandingkan hasilnya dengan catatan hasil pengukuran modul t.con yang normal.
  • Jika diketemukan nilai resistansi yang lebih lebih dari 20%, maka kemungkinan jalur tegangan tersebut bebannya ada yang setengah short.
  • Untuk memastikan, coba “cut” jalur beban yang setengah tersebut. Pada sirkit tertentu kita tidak perlu melakukan cut, tapi carilah “R jumper 0 ohm” yang terpasang pada jalur beban tersebut. Kalau tegangan2 langsung bisa keluar semua, ini jelas menunjukkan multi-powersuply mati protek

Cara.3  Metode tembak dengan MBR.


Cara.4  Metode-cut jalur beban.
  • Jalur beban output tegangan2 Avdd, Vgh, Vgl kalau diamati dengan teliti umumnnya dipasang semacam R jumper. Kalau bisa menemukan R semacam ini, tinggal coba copot saja.

Cara.3   Metode suntik t.con.
  • Sediakan modul t.con yang normal.
  • Beri t.con yang normal tersebut tegangan input Vcc dari power-suply sendiri, sehingga keluar semua tegangan Avdd, Vgh, dan Vgl.
  • Pesawat dalam kondisi mati.
  • Satu demi satu gunakan tegangan dari t.con normal ini untuk dicoba disuntikkan ke t.con yang rusak.
  • Jika ketika mencoba menemukan tegangan t.con normal ternyata jadi hilang ketika disambung. Maka ini menunjukkan bahwa jalur tersebut yang problem.

 Gbr.1 Modul T.con bekas yang masih normal yang dibuat khusus untuk suntik t.con



Gbr.2 Dipasaran juga dijual modul khusus yang dapat dipakai untuk suntik T.con


**************************