Jumat, 16 Oktober 2020

REPAIR MOTHERBOARD Jilid.4

 Jilid.2 - menjelaskan tentang sirkit apa saja  yang harus diperiksa  bila motherboard  mati total atau indikator hanya nyala melotot merah tidak bisa  di “power-on”.

 Jilid.3 - menjelaskan proses selanjutnya jika motherboard mendapat input perintah “power-on” ,  sehingga semua tegangan Dc-dc maupun LDO yang di-switch on-off oleh mikrokon bisa  hadir semua.

 
 
Lampu Stby sudah bisa padam atau berubah warna jadi hijau ketika di power-on.
Semua tegangan Motherboard yang di-switch on-off sudah hadir semua.

Maka proses selanjutnya Mikrokon akan meng-outputkan kontrol2 sebagai berikut :

  • Inverter_on yang akan menyalakan  lampu BL (backlight)
  • Panel_on yang akan mengontrol agar "Vcc Tcon panel Switch" meng-outputkan tegangan Vcc 5v (jika panel kecil) atau 12v (jika panel besar).
  • PWM_dim yang akan mengontrol kecerahan lampu BL.
  • Bersamaan dengan PWM_dim aktip, LVDS data gambar mulai aktip meng-outputkan sinyal gambar ke Tcon..
  • Beberapa model akan langsung muncul gambar. Tapi ada pula yang akan memunculkan LOGO terlebih dahulu, baru beberapa detik kemudian muncul gambar.

Semua pengaturan urut2an kerja Mikrokon seperti di jelaskan mulai dari Jilid.2 , Jilid.3 sampai keluar gambar logo dan gambar teve semua di atur menggunakan FIRMWARE  yang ditanam dalam ic memori flash. Oleh karena itu jika tejadi problem dalam urutan kerja tersebut atau macet ditengah jalan, bisa jadi salah satunya disebab kerusakan DATA FIRMWARE atau karena kerusakan ic memori Flash.


Proses sperti diatas merupakan proses standard.
Pada model2 tertentu mungkin saja ada tambahan atau perbedaan, misalnya

SONY
Kalau kabel LVDS ke Tcon tidak dipasang atau panel yang dipasang bukan aslinya Sony.  Maka setelah Panel_on, proses akan terhenti. Dan pesawat mati protek dengan kode kedip (akan ada pembahasan tersendiri).

BISA DIJUMPAI PADA model2 SHARP, TOSHIBA, PANASONIC Japan

Setelah Inverter_on, kalau ternyata BL tidak nyala. Maka proses akan terhenti dan pesawat mati protek dengan kode kedip (akan ada pembahasan tersendiri).




******************